Sabtu, 29 November 2014

Cara Teks Bercahaya Menggunakan Efek Outer Glow Pada Photoshop

1. Buat kanvas baru (File > New), atur ukurannya sesuka anda. Pada contoh ini, Saya membuatnya dengan ukuran windth = 1920 pixel dan height = 1080 pixel, resolusi 72 pixel/inch, mode RGB color 8 bit dan OK. Ubah backgroundnya jadi warna hitam, setelah itu klik dua kali pada layer backgruond > ok.

2. Sekarang, klik layer style > Gradient Overlay ubah Opacity nya jadi 28 % dan jangan lupa centang bagian reverse and OK

1+gradiet+overlay

3. Selanjutnya di menu bar pilih Layer > New Fill Layer > Gradient, setelah muncul ganti namanya jadi color dan pada Mode pilih Color > OK. Dan keluar lagi kotak ganti warnanya lebih jelas seperti gambar berikut di bawah, setelah selesai pada Palet Layer ubah Fill nya jadi 35 %

2+fill+layer
 4. Kalo udah siap, Sekali lagi pada menu bar pilih Layer > New Fill Layer > Gradient ubah namanya jadi shadow > OK, kemudian muncul kotak Gradient Fill dan setting pengaturannya seperti ini :
3+Shadow
dan hasailnya jadi seperti ini
4+hasil

5. Klik New Layer (Ctrl N) > Text Tool,text dan besarnya terserah suka2 anda aja. Font yang Saya gunakan Arial. Tapi jangan diketik dulu Textnya secara keseluruhan, bingung?? Saya kasih contoh aja, disini saya mau bikin tulisan MINANG, jadi saya hanya mengetik huruf M aja untuk diedit dan yang lainnya nanti setelah huruf M siap diedit. Masih bingung?? ikutin aja tutorialnya dengan serius OK? Lanjuuuut
Klik M atau text yang mau dibikin tapi satu aja dulu, setelah huruf diketik ubah Fillnya jadi 0%. Berikutnya klik Fx Add a Layer Style > Outer Glow > Outer berikut settingannya :
5+efek
Dan tulisannya akan berubah seperti ini
6+hasil

6. Sekarang kita kita akan mengedit tulisan ini dengan cara menduplicate tulisan M, Sebeum itu kita harus menggati layernya ke bentuk Group, caranya klik pada layer M > Ctrl + G dan ganti nama group jadi M/huruf yang anda buat.
Lanjut, Duplikat Layer M (bukan Group M) > Text tool ( ganti font ke calibri) > terus tekan Ctrl+T dan drag tulisannya. Sesuaikan aja hurufnya dengan huruf pertama. masih pada layer M, terapkan cara tersebut pada duplikat layer yang selanjutnya, disini kita akan menduplikat layer M sebanyak sepuluh kali dan terapkan cara yang sama, dan hasilnya akan seperti dibawah ini kalo ngak rapi cuek aja. Font yang di pake sesuka hati..

7+buat+10+duplikat

8+hasil

7. Berikutnya kita duplikat Groupnya dan geser. Ganti nama groupnya sesuai huruf selanjutnya.. Disini kita ngak perlu lagi ngelakuin cara2 pada langkah no 6. Dilangkah ini kita hanya mengganti hurufnya saja, caranya klik layer yang didalam group tadi, dan double klik pada Indicates text Layer atau Logo T, setelah hurufnya terblok ganti aja huruf yang di inginkan. Ganti semuanya. Begitupun caranya dengan huruf2 yang selanjutnya…

9

10

atur letak huruf anda dan hasilnya akan seperti ini
11

8. Selanjutnya kita akan memberikan efek cahaya pada bagian bawah tulisan tersebut, caranya buat layer baru di atas Layer Shadow (ganti namanya jadi Glowing Line) > lalu pilih Elliptical Marquee Tool, lalu tekan Ctrl+R setelah muncul drag kebagian tengah. Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut :
12

Setelah itu klik pada garis yang muncul dan tarik ke kiri atau ke kanan, agar tool elliptical nya bisa berada di kedua sisi garis klik tombol Alt kalo udah lepaskan.
Gambar pertama sebelum Alt di klik, gambar kedua setelah di klik..

13
berikutnya tekan Ctrl+Backspace (pastikan warna foreground&background nya default tekan D), apakah sudah terlihat perubahannya? pasti udah dong! Ctrl+D untuk deselect *berubaaaaaah*
Lanjut.. Piih Filter > Blur > Gaussian Blur > Ubah radius jadi 10 Pixels > OK berubah. Kembali ke Filter > Blur > Motion Blur (angle : 0, distance : 294 pixels) > OK.
Ubah Blending mode nya jadi Color Dodge dan Fill : 85% 


Taaaaaaaarrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa Jadi deh…..
14

























Berikut adalah video nya :

Sumber : http://nomsyifal.blogspot.com/2013/04/tutorial-text-efek-glowing-bercahaya.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger